Pengertian
1. Ilmu alamiah adalah ilmu yang mempelajari
tentang alam, yang berhubungan lingkungan alam seperti fisika, kimia,
biologi,astronomi, botani dll.
2. Ilmu Sosial adalah ilmu yang mempelajari sosial
manusia di lingkungan sekitar seperti sosiologi, ekonomi, politik, antropologi
sejarah, psikologi, geogrofi dll.
3. Ilmu budaya adalah ilmu yang mempelajari adat
istiadat atau kebiasaan hidup manusia di suatu wilayah seperti bahasa, agama,
kesusastraan, kesenian dll.
Dari perkembangan ilmu sosial
timbul paham study sosial yang disebut ilmu pengetahuan sosial. IPS adalah
bidang studi yang merupakan paduan dari sejumlah mata pelajaran sosial. Yang
termaksud pada pelajaran IPS, yaitu geografi, sejarah, ekonomi, sosiologi,
antropologi dll.
ISD adalah gabungan dari disiplin
ilmu sosial yang digunakan dalam pendekatan dan pemecahan masalah sosial yang
ada di lingkungan sekitar kita. ISD memberikan dasar – dasar pengetahuan
tentang konsep untuk mengkaji gejala sosial.
Tujuan
Sebagai salah satu dari Mata
Kuliah Dasar Umum, Ilmu Sosial dasar
mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar :
a. Memahami dan menyadari adanya
kenyataan-kenyataan social dan massalah-masalah social yang ada dalam
masyarakat.
b. Peka terhadap
masalah-masalah social yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat
kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya secara
kritis-interdisipliner.
c. Menyadari bahwa setiap masalah social yang
timbul dalam usaha-usaha menanggulanginya.
d. Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang
ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka
penanggulangan masalah social yang timbul dalam masyarakat.
Latar belakang ilmu sosial dasar
Latar belakang diberikannya mata kuliah ISD di perguruan
tinggi, karena :
1. Banyaknya kritik yang ditunjukkan pada sistem
pendidikan di perguruan tinggi bahwa sistem pendidikan yang diberikan masih
berbau kolonial dan warisan sistem pendidikan pemerintah Belanda. Yang
pendidikannya bertujuan untuk menghasilkan tenaga terampil untuk menjadi tukang
yang mengisi birokrasi mereka.
2. Sistem pendidikannya masih tidak mengenali
dimensi – dimensi lain di luar disiplin keilmuannya. Perguruan tinggi dianggap
seolah – olah tidak peka terhadap lingkungan sekitarnya sertak perkembangan
masyarakat.
Sedangkan
tenaga ahli yang dihasilkan oleh perguruan tinggi diharapkan mempunyai tiga
kemampuan, yaitu personal, akademis dan profesional.
a. Kemampuan personal
Tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan sehingga
menunjukkan sikap yang mencerminkan kepribadian Indonesia, mengenal dan
memahami nilai agama, masyarakat, pancasila serta pandangan luas terhadap
berbagai masalah masyarakat Indonesia.
b. Kemampuan akademi
Kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah baik
lisan maupun tulisan dan mampu berpikir logis, kritis, sistematis dan analitis.
Memiliki kemampuan untuk mengedintifikasi dan merumuskan masalah yang sedang
dihadapi.
c. Kemampuan profesional
Kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang
bersangkutan. Dan mereka diharapkan memiliki kemampuan dan keterampilan yang
tinggi dalam profesinya.