• Home
  • Contact
Drossophyla
  • Home
  • Kesehatan
  • Pendidikan
  • Olahraga
  • Lirik Lagu
Home » Not Label » Penanganan Kesalahan dan Help Dokumentasi

Penanganan Kesalahan dan Help Dokumentasi

  1. Tipe-tipe Kesalahan (Errors)
    • Kesalahan Persepsi
    • Kesalahan Kognitif
    • Kesalahan Motor (Gerak)
      Tipe-tipe Slip 
    • Kesalahan Capture
    • Kesalahan Deskripsi
    • Kesalahan Data Driven
    • Pengaktifan Asosiatif
    • Hilangnya Pengaktifan
    • Kesalahan Mode

  2. Petunjuk Pencegahan Kesalahan
    • Menghapus mode-mode atau menyediakan petunjuk yang terlihat untuk mode-mode tersebut.
    • Gunakan teknik koding yang baik (warna, gaya).
    • Memaksimalkan pengenalan, mengurangi hafalan.
    • Merancang urutan gerak atau perintah yang tidak sama.
    • Mengurangi kebutuhan untuk mengetik.
    • Uji dan memantau kesalahan-kesalahan dan memperbaikinya.
    • Memungkinkan pertimbangan ulang aksi-aksi yang dilakukan oleh user, misalnya memindahkan file dari recycle bin.
  3. Petunjuk Memperbaiki Kesalahan
    • Menyediakan tipe-tipe tanggapan yang sesuai.
    • Query: bertanya pada user apa yang sudah dilakukan, kemudian melegalkan tindakan yang salah.
    • Menyediakan fungsi “undo” dan pembatalan dari proses yang sedang berjalan.
    • Meminta konfirmasi untuk perintah yang drastis dan bersifat merusak.
    • Menyediakan pengecekan yang beralasan pada masukan data.
    • Mengembalikan kursor ke area kesalahan, memungkinkan untuk melakukan perbaikan.
    • Menyediakan beberapa kecerdasan buatan.
    • Menyediakan akses cepat kepada bantuan untuk konteks-sensitif.
  4. Jenis Dokumen & Alat Bantu
    • Tidak pernah suatu penggantian untuk desain tidak baik, tetapi penting.
    • Sistem sederhana, user memanggil dan menggunakannya, lalu memberikan nama.
    • Hampir sebagian sistem dengan banyak fitur membutuhkan help/bantuan.
    Jenis – Jenis Bantuan
    • Tutorial
    • Review/Referensi yang cepat
    • Manual Referensi (Penjelasan lengkap)
    • Bantuan untuk context-sensitive (spesifikasi tugas)

    Ada sebagian pendapat menyatakan bahwa sistem yang interaktif dijalankan tanpa membutuhkan bantuan atau training. Hal ini mungkin ideal, akan tetapi jauh dari kenyataan. Pendekatan yang lebih membantu adalah dengan mengasumsikan bahwa user akan membutuhkan bantuan pada suatu waktu dan merancang bantuan (help) ke dalam sistem.
    Empat Jenis Bantuan Yang Dibutuhkan User :
    • Quick Reference
    • Task-Spesifik Help
    • Full Explanation
    •  Tutorial





    Sumber : http://raqheelcaze.wordpress.com/2011/05/21/penanganan-kesalahan-dan-help-dokumentasi/

Agus Ramdani
2 Comments
Friday, May 31, 2013
Tweet
Penanganan Kesalahan dan Help Dokumentasi Drossophyla
Published: 2013-05-31T19:17:00+07:00
Title:Penanganan Kesalahan dan Help Dokumentasi
Rating: 5 On 22 reviews

Related Articles

2komentar :

  1. Pengertian NegaraWednesday, June 26, 2013 at 7:32:00 PM GMT+7

    thanks banget, sangat menolong

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  2. Kata-kata CintaWednesday, September 4, 2013 at 6:54:00 AM GMT+7

    yes makasi banyak, membantu sekali

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
Add comment
Load more...

Newer Older Home
Universitas Gunadarma

Popular Post

  • Popular Posts
    Memo and Mail
    A. Explain in detail about MEMO Memo is a concise message, the messages are written someone with a short, clear, and easy to unders...
  • Popular Posts
    Arti dan Makna Lambang Garuda Pancasila
    Apakah kalian semua tahu apa arti dari Lambang Garuda Pancasila? Tidak semua masyarakat bangsa Indonesia mengetahui arti-arti Lambang Gar...
  • Popular Posts
    Lafadz Allah di Gelombang Air
    Masih dalam suasana lebaran, saya mengucapkan minal aidzin wal’faidzin kepada semua blogger dan pembaca artikel ini. Mohon maaf lahir dan...
  • Popular Posts
    Love Patah menggunakan C++
    Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan codingan program C++ dengan outputnya LOV. Setelah saya amati gambar dan codingannya tiba-tiba saya...
  • English Letter Business 2
    This function and definition about inquiry letter, complaint letter, application letter, order letter and memo letter. 1. Inquiry Letters ...
Budayakan Internet Sehat,Aman dan Nyaman